Jumat, 22 Juni 2012

Error Install Realtek HD Audio Driver di Win XP

Ketika seorang teman datang dan mengeluh karena komputernya tidak bisa mengenali sound card setelah install ulang Windows XP, saya menganggap itu masalah yang simpel. Tinggal install driver dan beres..res. Namun ternyata permasalahannya tidak segampang yang saya bayangkan.
Awalnya saya melihat ke device manager dan melihat tanda Exclamation (tanda tanya) di salah satu bagian di Sound Device. Saya coba dengan mengupdate driver dengan CD bawaan motherboard (ASUS P5GC-MX) tapi ternyata tidak berhasil. Kemudian saya coba install langsung dengan setup.exe untuk Realtek Audio Driver, namun muncul error message “Install Realtek HD Audio Driver Failure” dan install gagal. Saya coba berinisiatif mendownload driver terbaru dari situs Realtek, namun hasilnya sama saja, sangat membuat penasaran karena sebelumnya belum pernah driver audio bertingkah seperti itu. Di beberapa forum ada yang menyarankan untuk menginstall dahulu “hotfix” files yang disertakan saat mendownload diver dari Realtek., namun itu juga belum mengatasi permasalahan.
Setelah googgling kesana kemari akhirnya ketemu juga cara yang ampuh, sebagai berikut :
1. Reboot dalam safe mode
2. buka device manager
3. klik di system devices
4. Disable (JANGAN UNINSTALL) Microsoft UAA driver.
5. Reboot dalam safe mode (sehingga driver tidak di-load)
6. buka kembali device manager
7. klik system devices
8. uninstall Microsoft UAA driver. Ini akan membuang juga driver Realtek sebelumnya
9. Reboot lagi Windows XP (kali ini dalam normal mode)
10. Install Realtek drivers langsung dari setup.exe
11. Reboot dan sound akan dapat dinikmati
 berapa kali saya nyotek ini artikel and hasilnya ok
tapi saya coba cara lain dan berhasil
yaitu
jangan instal realtek dari auto run , tapi buka extension cdnya
instal langsung dari setup.exe pasti ok deh
tapi kalo dah terlanjur instal ya pake cara diatas
top markotop
mohon kunjungan balik ya……..
terima kasih

 Maaf klo istilah yg sy tulis kurang dipahami. Tp istilah diatas menurut sy adalah bahasa yg familiar bagi umum. Mis : “Reboot safe mode” yaitu menyalakan kembali komp sambil menekan F8 (sebelum muncul windows) sehingga ada pilihan “safe mode”, dll. Ada baiknya anda berdiskusi dgn teman yg lebih paham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar