Minggu, 29 April 2012

Sharing mouse dan kyboard dengan sharemouse

imageAnda sering menggunakan perngakat laptop atau PC lebih dari satu, mungkin terasa repot bila menggunakan 2 perngakat sekaligus dengan keyboard dan mouse berbeda. hal itu sungguh repot dan memakan tempat juga.  Penulis memberikan solusi atrenatif tanpa mengeluarkan biaya. yaitu dengan menggunakan aplikasi Sharemouse. penggunaan aplikasi share mouse minmal harus menggunakan 2 perangkat komputer.
1. Hal pertama anda lakukan, adalah download aplikasi di link ini
ShareMouse Download
2. Tahap Selanjutnya adalah menginstall aplikasi sharemouse.
Share Mouse Setup
3. Ditahap instalasi centang additional tasks, configure windows firewall dan install windows service for UAC support. Dan tunggu proses instalasli selesai.
Share Mouse setup
4. Langkah selanjutnya, ubah notification taskbar. Anda dapat menyetingnya pojok kanan bawah. Lalu pilih customize Lihat gambar lebih jelasnya.
Sharemouse setting
5. Di menu customize, pilih aplikasi ShareMouse lalu ubah notification menjadi show icon anda notifications.
Setting sharemouse notification
6. Setelah anda melakukan penyetingan notification, lakukan penyetingan di aplikasi share point. Caranya klik kanan di menu taskbar pojok kanan, klik kanan icon sharemouse, lalu pilih setting.
Setting sharemouse
7. Di menu monitor switching , setting hotkey quickjump, digunakan sebagai mengaktifkan aplikasi sharemouse. Di tutorial ini penulis menggunakan ctrl + j.
Custom Hot key Sharemouse
8. Lanjutkan di menu data exchange, centang allow drag & drop of files dan clipboard synchcronizatoin. Dan untuk hotkey paste pilih ctrl + V
clip_image014
9. di menu network, ubah port UDP menjadi 1046.
Sharemouse
10. Di menu security, anda dapat melakukan penyetingan menggunakan password atau tidak, bila anda menggunakan password, pilih protect . lalu klik tombol OK.
Sharemouse setting
11. Setelah penyetingan selesai, instal aplikasi sharemouse di komputer PC A dan PC B yang akan disharing keyboard dan mouse. Dengan setingan sama dengan langakah sebelumnya di atas.
12. Pastikan anda menggunakan aplikasi ini, dalam satu jaringan koneksi, menggunakan Wireless ataupun menggunakan cable.
13. Cara mengaktifkan, setelah anda melakukan penyetingan, tutup telebih dahulu aplikasi sharemouse di salah satu PC. Caranya, di menu taskbar pojok kanan, klik kanan icon sharemouse lalu klik exit.
clip_image020
14. Buka aplikasi sharemouse kembali di start menu, all program -> share mouse -> launch sharemouse in Diagnostic mode.
clip_image022
15. Bila berhasil atau tidaknya, anda dapat melihat notifikasi dari aplikasi sharemouse, lihat gambar lebih jelasnya.
clip_image023
16. Selajutnya, mengatur pemindahan kusor mouse. Untuk mengaturnya, anda dapat mengubah setingan di menu monitor mananger. Caranya seperti biasa klik icon sharemouse di pojok kanan bawah, lalu pilih monitor manager. Silahkan atur cara pemindahannya dengan cara mendrag salah satu layar A atau B. Selamat Mencoba.
clip_image025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar